Minggu, 13 Juni 2010

Mengenal Lebih Dekat Pramugari Kapal Dermaga Ujung-Kamal

Belajar Keras Ucapkan Salam Bahasa Madura

Tidak semua penyedia jasa penyeberangan laut menyiapkan pramugari kapal. Namun, keberadaan para perempuan cantik itu berhasil menarik perhatian. Bagaimana mereka?

DHIMAS GINANJAR

---

Di Surabaya, salah satu penyedia jasa penyeberangan yang melengkapi kapalnya dengan pramugari adalah PT Dharma Lautan Utama. Saat naik kapal, penumpang akan mendapatkan salam khas bahasa Madura. "Selamet pagi de' tamoe se' khaule molje agi. Khaule adhebu slamet rabhu e pon panjenengan e KMP Wicitra Dharma."

Dalam bahasa Indonesia, salam itu kurang lebih berarti "Selamat pagi, para tamu yang terhormat. Selamat datang untuk Anda semua di KMP Wicitra Dharma".

Salam tersebut terdengar nyaring di telinga penumpang yang bertolak dari atau menuju Dermaga Ujung, Surabaya. PT Dharma sengaja membuat salam khusus bahasa lokal hanya untuk penyeberangan Ujung-Kamal. Jalur penyeberangan lain, seperti Merak-Bakauheni atau Ketapang-Gilimanuk, tetap menggunakan bahasa Indonesia.

Seorang pramugari bernama Kiki Wijaya kemarin bertugas mengucapkan salam itu dari mini theatre room dek lantai 3. Pelafalannya fasih meski dia bukan putri Madura. "Sekitar dua minggu saya menghafalnya," ujar gadis asal Banyuwangi tersebut.

Kiki menyatakan berjuang benar agar bisa fasih berbahasa Madura sejak 2008. Dia berlatih di kantor, tapi praktik langsung berbicara dengan penumpang kapal asal Pulau Garam. Cleaning service kapal pun diajaknya berbahasa Madura sekaligus jadi penerjemah jika Kiki mengalami kesulitan.

Pengalaman berbeda muncul dari Ella Pratiwi. Pramugari asal Banten yang kemarin menyambut tamu masuk dari tangga kapal itu mengungkapkan butuh waktu tiga minggu untuk menghafal salam dalam bahasa Madura. Satu pertanyaan awal yang tidak akan pernah dilupakan gadis kelahiran Banten 26 September 1988 tersebut terkait dengan jedhing.

Ya, kata yang berarti toilet atau kamar mandi itu memaksa Ella meminta bantuan penerjemah.

Bagi Ella, perbedaan bahasa bukanlah penghalang besar untuk menjadi pramugari kapal. Sebab, senyum terkadang bisa berarti lebih daripada bahasa verbal. Itu terbukti saat dirinya membantu nenek-nenek yang membawa banyak barang naik tangga kapal.

Setelah selesai menuntun, dia mendapatkan kecupan dari sang nenek. "Mator sekalangkong, ayu... ayu...," kenangnya. Dia tahu nenek tersebut hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa Madura. Itu terlihat jelas saat Ella merasakan genggaman kuat di tangannya. Saat itu dia hanya bisa memasang senyum termanis untuk sang nenek. Nenek tersebut lantas mengelus pipinya.

Meski hampir dua tahun menjadi pramugari, gadis lulusan SMA 2 Krakatau Steel Banten itu mengakui belum bisa bahasa Madura selain salam. Itulah yang membuatnya kembali hanya bisa tersenyum ketika ada penumpang yang ngerasani dia dalam bahasa Madura. Memang, rasan-rasan itu menjadi santapan sehari-hari para pramugari. Maklum, bagi penumpang laki-laki, bisa saja keberadaan pramugari yang cantik-cantik menjadi daya tarik tersendiri.

Kadang dia mengalami hal menyebalkan. Misalnya disiuli atau dijahili laki-laki. Jika sudah merasa tidak nyaman, biasanya Ella memilih menghindar dengan mengucapkan maaf lebih dulu. "Kami juga butuh keamanan. Karena itu, sekuriti, pengawas, dan kapten akan waspada juga kalau ada penumpang jahil," timpal Kiki.

Namun, kadang Ella atau Kiki suka tertawa sendiri saat melihat tingkah laku para pengguna jasa kapal. Khususnya penumpang laki-laki yang kerap mencuri-curi foto mereka. Ada saja kelakuannya, seperti duduk di sampingnya, lantas minta foto bersama. Atau berdiri di samping dan temannya langsung memotret. "Ada juga yang seperti memanggil. Begitu noleh, langsung difoto. Padahal, tinggal ngomong, kan saya bisa pose dulu," ucap Ella lantas tertawa. (c9/roz)

[ Jawa Pos 13 Juni 2010 ]


Free Template Blogger collection template Hot Deals kerapansapi SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang posting saya dan tinggalkan alamat email/web/blog anda. Atau ingin tuker link? Silahkan aja, saya tidak melihat anda PR berapa, semua boleh. Silahkan pasang link saya dulu, kemudian komentar ya, saya akan link back...Terima kasih..