Minggu, 13 Juni 2010

Suramadu Belum Mendongkrak Ekonomi Jatim

SURABAYA(Pos Kota)-Hasil evaluasi sementara Pemprov Jatim menyebutkan, keberadaan jembatan Suramadu (Surabaya – Madura) yang diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 10 Juni 2009 lalu masih belum bisa pendukung pengembangan potensi Sumber Daya Alam (SDA).
Khususnya obyek wisata yang banyak tersebar di Pulau garam itu.
“Potensi yang luar biasa itu masih menjadikan wilayah Madura terbilang sebagai yang tertinggal dibanding wilayah Jatim yang lain. Padahal keberadaan Suramadu merupakan kesempatan untuk menjadikan Madura maju,” ungkap Sekdaprov Jatim Rasio,kemarin.

Kata dia, apabila Pemkab di wilayah Madura mau memanfaatkan Jembatan Suramadu secara luas maka mempunyai kemungkinan sangat besar mendongkrak PAD-nya.

Salah satu langkahnya melalui potensi pariwisatanya yang apabila dikelola dengan tepat bisa menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun turis asing.

“Obyek-obyek wisata selain karapan sapi, masih banyak yang bisa dijual seperti pantai Slopeng, pantai Lombang, Makam Asta Tinggi juga kerajinan batiknya yang semuanya itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Rasio.

Ia juga berharap khususnya Pemkab Bangkalan sebagai wilayah yang ditempati kaki jembatan Suramadu agar memanfaatkan sebaik mungkin dengan menata para PKL yang ada di sekitar pejalan kaki jembatan.

“Andai keberadaan PKL tersebut ditertibkan maka alangkah indahnya wilayah disekitar situ. Sebab wilayah tersebut merupakan gerbangnya Jembatan di sisi Madura,” katanya.

Rasio juga mengakui untuk mengembangkan kawasan wisata di wilayah Madura tidaklah mudah karena perlu kesiapan SDM, promosi dan dukungan sarana pengembangan lainnya.

“Hal ini perlu rancangan juga persamaan visi, kesamaan pandang yang terintegrasi antara Pemprov. Jatim dengan empat Kabupaten di Madura maupun Lembaga terkait sehingga keberadaan jembatan Suramadu betul-betul bisa dimanfaatkan untuk merubah SDA di Madura,” tandasnya.



Sabtu, 29 Mei 2010 - 11:51 WIB
| More


Free Template Blogger collection template Hot Deals kerapansapi SEO theproperty-developer

1 komentar:

UZI mengatakan...

Saya sangat sependapat dengan anda , jembatan Suramadu masih belum bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Madura utamanya masyarakat kecil , sementara harus ada langkah percepatan ,pertama ada pemindahan lokasi arus penyeberangan dari Kamal melalui jembatan Suramadu jalan keluarnya membuat terminal pusat di Daerah tangkil Bangkalan sebagai Terminal Madura . Kedua ada kemudahan izin pembangunan industri di Daerah ujung jembatan Suramadu .Ketiga dilihat kondisi Madura cocok pengembangan Parawisata Pantai, keempat Pengembangan industri cement sesuai tanah / berbatu kapur / tandus Kelima pengembangan industri perikanan sesuai dengan luas pantainya . Keberanian untuk sejak awal memindah pasar2 yang menghambat trasportasi di Madura.Terima kasih

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang posting saya dan tinggalkan alamat email/web/blog anda. Atau ingin tuker link? Silahkan aja, saya tidak melihat anda PR berapa, semua boleh. Silahkan pasang link saya dulu, kemudian komentar ya, saya akan link back...Terima kasih..