Minggu, 19 Desember 2010

Jalan Layang Semakin Membuat Orang Memakai & Membeli Mobil Pribadi






Jakarta - Jalan layang baru tengah dibangun untuk mengatasi kemacetan Ibukota Jakarta. Namun ditengarai jalan layang ini tidak akan efektif mengatasi macet Ibukota karena justru memotivasi orang memakai dan membeli mobil pribadi.

"Dengan proyek ini membuat motivasi pengguna kendaraan membeli kendaraan dan memotivasi untuk mengendarai kendaraan pribadi. Jadi orang-orang bukannya beralih ke transportasi publik," ujar Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) DKI Jakarta Ubaidillah.

Para pengendara kendaraan pribadi dapat dengan sukarela berpindah ke angkutan massal, jika sarana dan prasarana transportasi publiknya menarik. Selama tidak tertarik pada angkutan massal, maka penggunaan angkutan massal tidak akan pernah dipilih.

"Menarik itu bagaimana? Kalau pelayanannya bagus, nyaman, tidak sulit dan murah. Dengan begitu maka pengguna kendaraan pribadi akan itung-itungan," sambung Ubai.

Jika pengguna kendaraan pribadi merasa angkutan massal lebih efisien, maka berangsur-angsur mereka akan berpindah. Kebanyakan orang berpendapat, jika ada yang murah dan nyaman mengapa harus mahal.

"Untuk memotivasi pindah ke transportasi publik, perbaikan transportasi publik menjadi sesuatu yang mutlak. Jika mereka tertarik pada angkutan massal yang disediakan, tentu mereka akan memutuskan untuk pindah," ucap Ubai.

Pembangunan jalan layang non-tol yang tengah dibangun yaitu jalan layang Antasari yang menghubungkan Antasari hingga ke Blok M sepanjang 5,5 km. Proyek ini menelan biaya sekitar Rp 1,3 triliun dengan ruas Pasar Inpres Cipete-Lapangan Mabak Blok M.

Sedangkan jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang dibangun sepanjang 2,3 km dengan ruas Jalan KH Mas Mansyur-Jl Prof Dr Satrio. Jarak antara tanah dengan jalan layang di atasnya akan dibuat setinggi 10-12 meter. Proyek ini diperkirakan menelan dana Rp 700-an miliar. Pada November 2012, proyek ini ditargetkan selesai.

Nurvita Indarini - detikNews(qom/nwk)


Free Template Blogger collection template Hot Deals kerapansapi SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang posting saya dan tinggalkan alamat email/web/blog anda. Atau ingin tuker link? Silahkan aja, saya tidak melihat anda PR berapa, semua boleh. Silahkan pasang link saya dulu, kemudian komentar ya, saya akan link back...Terima kasih..